Bagi para pemilik bisnis, sales &
marketing, copywriter dan designer sudah seharusnya mengetahui bahwa
Bahasa, emosi, dan tindakan akan mempengaruhi seseorang untuk memutuskan
sesuatu, termasuk membeli produk Anda. Kata atau frasa tertentu memang
sudah teruji dapat meningkatkan respondan konversi penjualan. Hampir
sama dengan kata – kata motifasi, tetapi ini terlihat sedikit berbeda.
Berikut akan saya share 30 kata marketing ajaib yang harus Anda terapkan
pada posting social media, artikel, email penawaran, konten website,
dan sebagainya:
1. Anda
Menulislah seolah – olah Anda sedang ngobrol dengan teman Anda, jangan membayangkan diri Anda yang berasumsi sendiri.
2. Karena
Beri pelanggan Anda alasan untuk segera
melakukan “action”. Perhatikan juga sasaran pelanggan (target market)
Anda, karena alasan untuk target market yang tidak tepat justru akan
membuat Anda dianggap bodoh.
3. Gratis
Karena semua orang menginginkan hal yang
berbau gratis. Coba tanyakan kepada 10 teman Anda maka semua pasti akan
memilih sesuatu yang gratis daripada yang berbayar.
4. Nilai
Buat seolah – olah pelanggan mendapatkan
sesuatu, bukan kehilangan sesuatu. Contohnya jangan menggunakan kata
“uang”, melainkan “biaya” atau “harga”, karena jika Anda mengatakan
“uang”, maka pelanggan akan terkesan kehilangan uang mereka. Tetapi
gunakan kata “biaya”, maka mereka akan terkesan mendapatkan sesuatu
kemudian memberikan gantinya.
5. Garansi
Berikan garansi kepada calon pelanggan
Anda, sehingga mereka akan merasa aman terhadap kemungkinan resiko yang
akan dihadapi. Garansi tidak harus muluk – muluk, yang simple dan mudah
pun tidak menjadi masalah, asalkan dikemas dengan kata-kata yang bagus.
Yang terpenting adalah Anda harus “sanggup” memenuhi garansi tersebut.
Garansi ini sebagai ikatan Antara Anda dan calon pelanggan Anda.
6. Luar biasa
Seperti halnya GRATIS, orang cenderung senang dan cepat tanggap dengansesuatu yang luar biasa.
7. Mudah
Buatlah langkah yang semudah mungkin
untuk calon pelanggan Anda menjadi pelanggan Anda. Bahkan kalau perlu
hanya satu langkah mudah agar bisa menikmati kemudahan layanan Anda.
8. Temukan
Ciptakan hal baru dan buat pelanggan
Anda penasaran dan ingin mencoba hal tersebut. Dalam hal ini yang perlu
diperhatikan adalah cara menyampaikan hal baru tersebut kepada calon
pelanggan Anda dan buat mereka penasaran untuk menemukan hal baru
tersebut.
9. Sekarang
Buat motivasi agar pelanggan Anda melakukan keputusan atau tindakan saat itu juga.
10. Include
Sampaikan kepada pelanggan Anda bahwa semua kebutuhan pentingnya sudah termasuk dalam produk/layanan Anda.
11. Tidak lagi
Tunjukkan kepada pelanggan Anda tentang
keuntungan negative. Bagaimana bisa keuntungan negatif itu ada? Bisa
saja, misalnya : “Anda tidak akan lagi membayar….” dan “Anda tidak perlu
khawatir lagi tentang …..”.
12. Terbaru
Sampaikan kepada calon pelanggan Anda
bahwa produk/layanan Anda adalah yang terbaru dibidangnya, atau
menggunakan teknologi terbaru, atau yang pertama kali di dunia/di
Indonesia/Jawa Timur.
13. Hemat
Setiap orang ingin menekan
pengeluarannya, atau dengan kata lain berhemat sebanyak mungkin. Jadi
tekankan kepada calon pelanggan Anda bahwa dengan membeli
produk/layananAnda, maka mereka akan menghemat sekian rupiah.
14. Terbukti
Tujukkan sebuah riset atau testimonial dari kerabat Anda yang membuktikan bahwa produk/layanan Anda sudah terbukti kualitasnya.
15. Aman dan efektif
Kata-kata ini untuk meminimalisir persepsi negative tentang resiko dan kerugian.
16. Tepat guna
Beritahu calon pelanggan Anda bahwa produk atau layanan Anda benar-benar tepat guna bagi mereka.
17. Nyata
Hampir sama dengan TERBUKTI, bahwa calon
pelanggan Anda membutuhkan sesuatu yang nyata sebagai pendorong untuk
memutuskan membeli produk/layanan Anda.
18. Rahasia
Tidak semua orang bisa berhasil, dan
pasti ada rahasia dibalik kesuksesan tersebut. Sampaikan rahasia
produk/layanan Anda mengapa bisa menjadi solusi kepada calon pelanggan
Anda tersebut. Karena hamper setiap orang senang jika diberitahu sebuah
rahasia.
19. Solusi
Tunjukkan bahwa produk/layanan Anda benar-benar menjadi solusi untuk calon pelanggan Anda.
20. Instan
Tunjukkan kecepatan akses atau kesigapan pelayanan dari team Anda.
21. Bagaimana
Tunjukkan kepada calon pelanggan Anda bagaimana Anda menyelesaikan masalahnya.
22. Gengsi
Tunjukkan kepada calon pelanggan Anda
bahwa dengan menggunakan produk/layanan Anda, mereka akan mendapatkan
gengsi yang tinggi. Setiap orang di Indonesia senang akan gengsi.
23. Eksklusif
Tunjukkan bahwa produk/layanan Anda adalah istimewa jika dibandingkan dengan kompetitor Anda.
24. Disebabkan oleh
Analisa dengan cermat problem calon
pelanggan Anda dan berikan alas an kenapa hal tersebut dapat terjadi.
Hal ini akan membuat Andaterkesan “smart” dan otomatis calon pelanggan
Anda pun akan lebih percaya dengan Anda.
25. Lebih
Apakah Anda memberikan lebih dari yang pesaing Anda tawarkan? Pastikan calon pelanggan Anda mengetahui kelebihan Anda tersebut.
26. Tawar – menawar
Berikan kesempatan bagi calon pelanggan
Anda untuk melakukan penawaran, bisa berupa penawaran harga, fitur, atau
garansi. Budaya masyarakat Indonesia adalah menyukai tawar – menawar,
dan ingin memperoleh lebih. Jadi berikan itu kepada mereka.
27. Tidak ada kewajiban
Hal ini untuk memastikan kepada calon
pelanggan Anda bahwa setelah menggunakan produk/layananAnda, mereka
tidak ada beban atau tanggungan lagi.
28. 100% Garansi uang kembali
Semua orang menginginkan suatu
kenyamanan dalam bertransaksi. Salah satunya yaitu jaminan uang kembali
apabila terjadi hal yang tidak diinginkan pada barang yang dibelinya.
Namun tetap ingat, hanya berikan garansi ini jika Anda yakin bahwa
produk/layanan Anda benar – benar “powerfull”.
29. Besar
Buat diskon yang besar dan penawaran
yang tinggi sehingga calon pelanggan Anda tidak sanggup lagi mengelak
untuk tidak membeli produk/layanan Anda.
30. Kekayaan
Setiap orang ingin kaya, termasuk saya,
Anda dan banyak lainnya. Jadi tunjukkan bahwa produk/layanan Anda bisa
mendukung keinginan setiap orang tersebut.
Nah, sekarang tinggal bagaimana kita
sebagai seorang pelaku marketing untuk mengkombinasikan kata-kata
tersebut untuk mencuri hati calon pelanggan Anda agar membeli
produk/layanan Anda. Lakukan sekarang dan tingkatan “conversion rate”
penjualan Anda. Selamat mencoba ;-)
No comments:
Post a Comment